Ulasan 2 Principles of Operating Systems – Lecture 10

    Hallo teman-teman, saya Pamela Kareen dan Nadia Nur Annisa akan mengulas video dengan judul Principles of Operating Systems – Lecture 10 yang menjelaskan tentang Mass Storage Systems. URL dari video ini adalah https://www.youtube.com/watch?v=PSyDbLbfwB4&index=10&list=PL53FD88B185F9796F dari Barbara Hecker dengan durasi 1 jam 15 menit 29 detik.
    Video mass storage systems ini menjelaskan beberapa hal, di antaranya: mass storage structure, disk structure, disk attachment, disk scheduling, disk management, swap-space management, RAID structure, disk attachment, stable-storage implementation, tertiary storage device, operating system issues, performance issues. 
   Mass storage structure membahas tentang magnetic disks dan magnetic tape. Magnetic disk merupakan penyedia bulk untuk penyimpanan kedua di computer. Magnetic disk terdapat beberapa hal yang harus perhatikan yaitu transfer rate (rate dimana data yang mengalir diantara drive dan computer) dan positioning time  (random-access time) adalah waktu dimana arm disk berpindah dari cylinder yang di inginkan (seek time) dan waktu dari sector yang di inginkan untuk berotasi dibawah kepala disk (rotational latency). Magnetic tape mempunyai karakteristik: waktu akses lambat, random acces ~1000 kali lebih lambat dibandingkan disk, digunakan untuk backup, penyimpanan data yang jarang digunakan, transfer media antar sistem, dan penyimpanan magnetic tape 20-200GB.
   Disk structure sebagai satu dimensional array yang besar dari logika blok, dimana logika blok merupakan unit terkecil untuk ditransfer. Sebagai contoh terdapat banyak data dan data terletak di disk dan operating system menunggu kedatangan data tersebut yaitu array dari bytes dan didapatkan dari smart media, storage, diks drive, yaitu di secondary access. Sector 0 merupakan sector pertama dari track pertama dari cylinder paling luar. Teknik untuk disk attachment dapat melalui port I/O, SCSI, FC yang merupakan serial arsitektur yang high-speed.
    Network Attached Storage (NAS) adalah storage yang available di network dibandingkan dengan koneksi local (seperti contoh bus) NAS mudah dimodifikasi dan mudah dikembangkan. Storage Area Network (SAN) merupakan storage besar dan menjadi umum, dimana penyimpanan informasi di cloud. SAN dimana fleksible karena menghubungkan beberapa penyimpanan array.
    Disk scheduling, mempunyai dua hal yang utama yaitu: seek time (waktu yang dibutuhkan disk untuk memindahkan head ke cylinder yang terdapat sector yang diinginkan) karena terdapat disk yang bergerak lebih cepat dibandingkan dengan disk lain dan ada disk yang bergerak cepat tetapi kurang berhati-hati, dan rotational latency (waktu tambahan menunggu dari dsik untuk berotasi ke sector yang di inginkan ke disk head). Meminimal seek time yang diharapkan untuk disk scheduling. Disk scheduling bisa dibagi menjadi FCFS (First Come First Serve) dimana request yang pertama yang dilayani, SSTF (Shortest Seek Time First) memilih request yang minimum dari posisi head yang berada sekarang. SCAN atau disebut dengan elevator mulai dari akhir dari disk meuuju ke akhir, C-SCAN (Circular SCAN) head berpindah dari akhir disk ke akhir berikutnya dan kemudian kembali ke awal disk tanpa melakukan service ke request di trip kembalinya, C-LOOK arm hanya berpindah sejauh request terakhir disetiap arah.
    Disk management membahas low level formatting atau physical formatting dan partitiom. Membagi disk menjadi beberapa sector sehingga membuat disk lebih kecil dan sehingga mempercepat access dan lebih efisien, seperti contoh mencari data tidak perlu mencari keseluruhan disk yang berukuran besar dimana lebih lambat dibandingkan mencari data di disk yang berukuran lebih kecil.
   Swap-space management, virtual memory menggunakan disk space sebagai extensi untuk main memory. Swapping pada linux terdapat swap area, swap slot, page slot yang terdapat frame dan ukuran besar framenya, dan dilakukan swapping file satu per satu antara vitual memory swap map and swap area  dan memudahkan swap keluar masuk.
  RAID structure dibagi menjadi 6 level dan RAID terdapat beberapa disk yang bekerja secara bersama-sama. RAID untuk meningkatkan performance dan meningkatkan reability dari sistem penyimpanan dengan menyimpan data redundant dengan cara mirroring and block interleaved parity.
   Stable storage implementation, untuk mengimplementasikan stable storage dibutuhkan replikasi informasi dari satu nonvolatile storage dan update informasi. Teritiary storage devices, teritiary storage dibangun dengan menggunakan removable media (sebagai contoh floppy drive, CD ROM, DVD dan lain-lain). Penyimpanan data berupa removeable disk (floppy disks, Magneto-optic disk), WORM disks (Write Once, Read Many times) seperti contoh read only  disk CD ROM dan DVD, dan tapes yang tidak pernah digunakan lagi.
   Operating system issues, sistem operasi memilih jadwal dan membuat request untuk beberapa aplikasi yang berbeda yang bekerja. Sistem operasi harus mensupport file seperti contoh music, file dari removable disk dan berbagai tipe translasi sehingga bukan hanya sistem operasi yang bekerja tetapi aplikasi juga bekerja sama degan sistem operasi dan membagi pekerjaan. Aplikasi yang menjalankan file tersebut misalkan memutar musik.
   Peformanced issues yang terdiri dari speed (bandwidth dan latency), reability (fixed disk drive lebih reliable dibandingkan dengan removeable disk atau tape), cost (main memory lebih mahal dibandingkan dengan disk storage).
   Video lecture yang kami ulas sudah sangat bagus materinya dan jelas dalam penerangan materinya. Barbara Hecker menjelaskan dengan detail dan memberikan contoh-contoh dalam operating system sehingga  mudah dimengerti dan content materinya tidak hanya text tetapi berupa gambar-gambar seperti dalam menjelaskan magnetic disk terdapat gambar. selain itu, terdapat contoh soal untuk disk scheduling yang memudahkan membedakan setiap tipe disk scheduling. 
  Github account para penulis ulasannya adalah pamelakareen (https://github.com/pamelakareen) dan nadinurannisa (https://github.com/nadianurannisa). URL ulasan 2 adalah http://pamelakareen.blogspot.com/2016/12/ulasan-2-principles-of-operating.html . URL konten ulasan kedua adalah https://www.youtube.com/watch?v=PSyDbLbfwB4&index=10&list=PL53FD88B185F9796F dengan durasi 1 jam 15 menit 29 detik. Tanggal submisi revisi pertama dan terakhir adalah 7 desember 2016.

Komentar

Postingan Populer